oleh

PLH Sekda Sumsel: Tabel Input-Output 2016 Penting dalam Analisis Perekonomian Rencana Pembangunan

Palembang, Berikut Rakyat Sumatera – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru yang diwakili Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan H. Akhmad Najib. S.H., M.Hum katakan perlu data yang akurat yaitu data dari BPS guna membuat suatu aksi penting mengambil arah kebijakan dalam mengambil keputusan yang tepat.

Hal tersebut diutrakan pada saat membuka Webinar Sosialisasi tabel Input Output 2016 Prov. Sumsel Tahun 2021 dengan tema “Sinergi Sektor Ekonomi Dalam Pembangunan Kewilayahan”.

Najib utarakan untuk mewujudkan sinergi antar wilayah Pemerintah Sumatera Selatan telah mengadakan kesepakatan bersama antara Gubernur se-Sumatera pada tanggal 10 Januari 2020 dengan ruang lingkup kerjasama di bidang infrastruktur, pertanian, perdagangan, kelautan dan perikanan, kehutanan dan pariwisata, dan mengadakan kerjasama antar daerah dengan Provinsi Jawa Timur yang ditandai dengan penandatangan MoU kerjasama pembangunan daerah misi dagang dan investasi Provinsi Jawa Timur di Provinsi Sumatera Selatan.

“Seberapa besar ketergantugan suatu sektor dengan sektor lainnya ditentukan oleh besarnya input yang digunakan dalam proses produksi. Dengan kata lain pengembangan suatu sektor tidak akan tercapai apabila tidak didukung oleh input dari sektor lain” jelas Najib.

Lanjut Najib, Tabel Input-Output mempunyai manfaat untuk kegiatan perencanaan pembangunan maupun analisis, Analisis terhadap Input-Output dapat digunakan sebagai alat untuk perencanaan ekonomi.

Turut hadir secara virtual Deputi Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik RI, M. Habibullah, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel Zulkipli, dan Kepala Bappeda Dr. Ir. H. Firmansyah, M.Sc, Karo Perekonomian H. Afrian Joni., SE., M.M. (jek/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *