oleh

Resmi Dicanangkan di Sumsel, GNPIP Sinergi Dengan GSMP Tingkatkan Perekonomian Daerah

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Soft Launching Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Tahun 2023 di Provinsi Sumatera Selatan dengan tema “Sinergi dan Inovasi untuk Ketahanan Pangan Nasional Melalui Program Sumsel Mandiri Pangan (GSMP)”.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru katakan GNPIP untuk Sumatera dipusatkan di Sumsel, karena Sumsel merupakan Provinsi tertua dan menjadi salah satu Provinsi dari 10 Provinsi terbaik dalam pengendalian inflasi. GSMP adalah salah satu program yang berperan dalam pengendalian inflasi daerah. GSMP hadir untuk mengubah pola pikir masyarakat dari konsumtif menjadi produktif dengan sosialisasi secara masif.

“Kita ajak para pelaku usaha, para tokoh perbankan, korporasi yang berkemungkinan memberi CSR menjadi stimulus untuk mempercepat GSMP. Dan melibatkan Kab/Kota se-Sumsel” katanya.

Menurutnya, semenjak dicanangkan, GSMP memberikan berbagai dampak yang sangat baik dalam berbagai sektor antara lain, Sumsel menjadi salah satu daerah pengendali inflasi terbaik di Indonesia, angka kemiskinan yang turun secara signifikan pada angka 11 persen hal ini tidak pernah terjadi selama 10 tahun terakhir, dan menjadi salah satu dari 3 Provinsi dengan penurunan stunting terbaik di Indonesia.

Deputi Gubernur BI, Aida S. Budiman katakan
GNPIP memastikan agar jangkauan harga, pasokan dan distrubusi pangan dapat terjaga dengan baik sehingga stabilisasi harga dapat terjaga dengan dengan baik dan mampu mengendalikan inflasiĀ  daerah.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan
Sinergi Kerjasama Antar Daerah dalam rangka memperingati pasokan komoditas pangan strategis antara Walikota Palembang, Walikota Lubuk Linggau dan Bupati Rejang Lebong. Dilanjutkan Launching Agenda Pasar Murah Jelang HBKN 1444 H dan Implementasi QRIS Pasar. Dan Sinergi Penguatan GNPIP dan GSMP dan Modernisasi Pertanian.

Turut hadir Anggota Komisi XI DPR RI, Fauzi A Amro, MSi., dan Ir. H Achmad Hafidz Tohir, Kakanwil BI, Erwin Soeriadimadja, Forkopimda Sumsel dan Para Kepala OPD Sumsel. (ojn/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *