oleh

4 Wanita yang Sukses Perangi Corona, Jerman: Jujur Kunci Utama!

Palembang, BeritaRakyatSumatera – Pandemi Covid-19 membuat banyak negara kalang kabut. Banyak yang kewalahan ketika virus satu ini menyerang. Tak hanya soal korban jiwa, ambruknya ekonomi juga menimbulkan ketakutan.

Namun ada juga yang berhasil menanganinya. Sebagaimana dikutip dari Forbes, ada empat negara yang berhasil menangani corona; Islandia, Taiwan, Jerman, hingga Selandia Baru. Dan keempat negara tersebut semuanya dipimpin oleh wanita.

Keempatnyapun memiliki sejumlah kesamaan langkah dalam penanganan corona.

Beberapa hal yang dilakukan oleh mereka yakni:

Kebenaran

Kanselir Jerman Angela Merkel mengumumkan kepada masyarakaynya bahwa virus ini serius, bisa menginfeksi 70% dari populasi, dan melakukan pengujian sehingga Jerman melompati fase penolakan, kemarahan dan ketidakjujuran seperti negara lainnya.

Ketegasan

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen melakukan 124 langkah pemblokiran ketika penyakit ini baru muncul di Januari, tanpa melakukan lockdown seperti di negara lain. Dia bahkan mengirimkan 10 juta masker wajah ke AS dan Eropa.

Jacinda Ardern, Pemimpin Selandia Baru meningkatkan kewaspadaan maksimal terhadap negaranya dengan menerapkan isolasi diri pada orang-orang yang memasuki Selandia Baru. Saat baru terdapat 6 kasus di seluruh negeri itu, wanita satu ini melarang orang asing masuk sepenuhnya. Kejelasan dan ketegasannya menyelamatkan Selandia Baru dari badai corona.

Teknologi

Perdana Menteri Islandia Katrín Jakobsdóttir menawarkan pengujian virus corona secara gratis ke semua warganya, dan akan menjadi studi kasus utama dalam penyebaran dan tingkat kematian akibat virus ini. Sebagian besar negara memiliki tes terbatas untuk orang dengan gejala aktif.

Secara proporsional dengan populasinya, negara ini telah melakukan skrining lima kali lebih banyak dari orang Korea Selatan, dan menerapkan sistem pelacakan menyeluruh yang berarti mereka tidak perlu mengunci atau menutup sekolah.

Pemimpin Finlandia Sanna Marin menggunakan influencer media sosial sebagai agen utama dalam memerangi krisis virus corona.

Cinta

Perdana Menteri Norwegia, Erna Solberg, memiliki ide inovatif menggunakan televisi untuk berbicara langsung dengan anak-anak negaranya. Dia menjawab pertanyaan anak-anak dari seluruh negeri, meluangkan waktu untuk menjelaskan mengapa tidak apa-apa merasa takut. (rama/jekki/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *