oleh

Gubernur Bantu Alat Rapid Test untuk Insan Pers, Bagi Yang Terinfeksi Covid Bukanlah Sebuah Aib

//HD Berpesan, Ajak Masyarakat Tetap Waspada, Namun Jangan Sampai Menjadi Ketakutan yang Berlebihan,Karna ketakutan yang Berlebihan, juga sangat berbahaya untuk Kesehatan.

PALEMBANG, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru Kembali menunjukan Perhatian nya kepada Insan Pers, kalau sebelumnya telah memfasilitasi semua wartawan yang bertugas di Ibu Kota Sumatera Selatan Palembang untuk melakukan Rapid test Covid Secara gratis. Kali ini Gubernur yang Akrab namanya di kalangan masyarakat Sumsel dengan Pangilan Pak Hd, Di sela kunjungan-nya di Kab OKU juga memberikan Bantuan Kepada Insan Pers yang melaksanakan tugas jurnalis di kab OKU.

“Allhamdulilah Luar Biasa hal Ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terhadap kesehatan insan Pers yang bertugas di Kabupaten OKU, kami di bantu sebanyak lima puluh unit alat rapid test covid.’ ujar Purwadi ketua PWI OKU Sembari Tersenyum ketika Video Call dengan wartawan Berita Rakyat Sumatera.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Herman Deru kepada Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten OKU, Purwadi Rozali, SP, ketika Gubernur meninjau Posko Pantau Induk Gugus Tugas percepatan penanggulangan penyebaran Covid-19 OKU di Terminal Batu Kuning, Baturaja Barat, Sabtu siang (6/6).

Kepada wartawan, Gubernur Sumsel H. Herman Deru berpesan bagi yang ingin mengikuti rapid test silakan. “Bagi wartawan yang ingin mengikuti rapid test silakan. Ini alat sudah kita serahkan,” ujar H Herman Deru di sela-sela menyerahkan bantuan alat Rapid Test kepada Purwadi.

Gubernur juga menyerahkan bantuan APD dan kelengkapan lainnya secara simbolis kepada Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid19 yang juga Bupati OKU, H Kuryana Azis dan Humas Gugus Tugas Covid19 Rozali, SKM.

Gubernur yang didampingi Pangdam II Sriwijaya, Kajati Sumsel dan LO Gugus Tugas Covid19 Nasional menjelaskan bahwa menjaga penanganan Covid 19 ini sudah masuk pada tahap kedua yakni menuju Pemulihan (new normal).

Kepada masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan memperhatikan protokol kesehatan. “Saat ini kita harus memperhatikan tiga hal terkait dengan penanganan Covid19, yakni dimensi kesehatan, dimensi ekonomi dan dimensi sosial,” ujar Herman Deru yang juga mantan Bupati OKU Timur dua periode.

Oleh karena itu, lanjut Deru, semua elemen masyarakat OKU termasuk pemerintah (eksekutif), legislatif (DPRD), penegak hukum Polri/Pengadilan, TNI dan insan pers untuk terlibat semua dalam penanganan Covid-19 tersebut.

Masyarakat hendaknya diberikan edukasi wawasan bahwasanya virus Covid-19 ini, bagi yang terjangkit bukanlah suatu hal yang berupa aib.

“Jangan takut dan khawatir. Dan saya apresiasi kabupaten OKU berhasil dalam penanganan Covid-19 ini dari 38 yang terdeteksi positif tidak satupun yang meninggal dunia dan malah 11 diantaranya dinyatakan sembuh. Kita hargai keberhasilan ini,” kata Herman Deru memberi motivasi.

Kepada Gugus Tugas Covid-19 OKU, Herman Deru berpesan agar kembali melakukan PCR atau swab tes bagi penderita positif covid-19 dan sudah menjalani isolasi mandiri sehingga bisa meningkatkan jumlah mereka yang dinyatakan sembuh sehingga angka penderita positif menjadi nol.

“Kepada Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten OKU, silakan tes lab kembali kepada yang dinyatakan positif dan sudah menjalani isolasi mandiri. Sehingga angka yang sembuh meningkat.”

Ketua PWI OKU, Purwadi Rozali, SP, mewakili wartawan yang bertugas di OKU mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru yang telah memperhatikan kesehatan para wartawan di lapangan.

“Terima kasih pak Gubernur H. Herman Deru atas bantuan nya. Semoga rapid tes nanti secepatnya dilaksanakan dan semoga hasilnya tidak ada wartawan yang reaktif/positif terpapar Covid19,” kata Purwadi kembali tersenyum.

Purwadi juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Humas Gugus Tugas Covid 19, Rozali SKM, dalam pelaksanaan rapid tes kepada wartawan di OKU ini. “Pak Rozali siap membantu menugaskan tenaga kesehatan untuk melakukan rapid tes. Dan kepada teman teman yang akan mengikuti rapid test Covid19 silakan berkoordinasi dengan Muhammad Wiwin sekretaris PWI OKU dan Maruli Ebta serta Herbet Nainggolan dan Herman Sawiran dari IWO OKU,” ujar Purwadi sembari menambahkan insya Allah rapid tes akan dilaksanakan Senin, 8 Juni 2020.

Sebelumnya, pada Sabtu pagi, Gubernur H. Herman Deru juga melakukan peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan Rumah Sakit Umum dr Ibnu Sutowo Baturaja. Pembangunan RSUD Ibnu Sutowo ini menelan biaya Rp 58,7 M. Dari dana tersebut Rp 25 M bantuan dari Gubernur Sumsel H Herman Deru melalui APBD Pemprov Sumsel dan sebagian lagi dari APBD OKU. Bantuan diserahkan langsung oleh Gubernur H Herman Deru kepada Bupati OKU, H Kuryana Aziz. (edd)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *