oleh

Gubernur Sumsel Kembali Menerima Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Sumsel Peringkat Tertinggi ke 4 Sebagai Provinsi dengan Peningkatan Produksi Padi Tertinggi tahun 2019-2020, HD Terima Penghargaan

Hanya berselang tiga hari setelah menerima penghargaan sebagai Top Pembina BUMD Terbaik 2021 dari Kementerian BUMN RI, Jumat (10/9) malam, Gubernur Sumsel H. Herman Deru kembali menerima penghargaan Abdi Bakti Tani 2021.

Adapun penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 tersebut diserahkan Wakil Presiden RI, K. H. Ma’ruf Amin kepada Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru yang diwakili Pj Sekda Sumsel H. S.A Supriono, bertempat di Istana Wakil Presiden RI di Jakarta, Senin (13/9) pagi.

Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas kinerja Pemprov Sumsel yang telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan nasional, menjaga ketangguhan pertanian dalam menghadapi pandemi Covid-19, dan meningkatkan keunggulan produk pertanian.

Berdasarkan data dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumsel, produksi pangan Sumsel terus menunjukan tren peningkatan dari tahun-ketahun meski dimasa pandemi Covid 19. Bahkan justru sektor pertanian Provinsi Sumsel mampu bertahan bahkan tumbuh secara positif.

Dimana produksi padi di Sumsel pada tahun 2020 mencapai 2.742.431 ton Gabah Kering Giling (GKG). Produksi padi tersebut meningkat sebanyak 139.035 ton dari produksi padi pada tahun 2019 yang hanya sebanyak 2.603.396 ton GKG.

Capaian itu tidak lepas dari komitmen Gubernur Herman Deru dan jajaran yang tidak pernah jenuh dalam menyemangati petani melalui berbagai program unggulannya dibidang petanian.

Penghargaan yang diterima itu sebelumnya tertuang dalam petikan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia No:465/Kpts/KP.590/M/08/2021 tentang Pemberian Penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021. Dalam surat keputusan tersebut, Sumsel masuk dalam peringkat tertinggi ke empat sebagai provinsi dengan peningkatan produksi padi tertinggi tahun 2019-2020.

Masuknya Sumsel menjadi salah satu provinsi dengan peningkatan produksi padi tertinggi tersebut merupakan bukti keseriusan Pemprov Sumsel di bawah kepemimpinan Gubenur Sumsel dalam mengelola pertanian di daerahnya. (ojn/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *