oleh

HD: Melalui ASPPEK, Jadikan Pempek Mendunia dan Diakui UNESCO

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) menghadiri syukuran milad ke-4 Asosiasi Pengusaha Pempek (ASPPEK). Dikesempatan itu, Ia menyampaikan bahwa ASPPEK harus dapat mengetahui apa yang menjadi hambatan pempek sehingga belum mendunia.

“Meuniversalkan pempek merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mendorong pempek menjadi mendunia, Seperti contohnya Siomay, Bakso, Cilok dan Cireng. Dimana makanan ini telah meuniversal sehingga semua kalangan masyarakat dapat menikmatinya kapanpun dan dimanapun”, ungkap HD.

HD juga minta ASPPEK untuk dapat memastikan agar proses pembuatan pempek harus dilakukan dengan cara yang bersih dan higienis, menurutnya ini akan membuat pempek lebih disukai dan memiliki nilai jual yang tinggi bagi penikmat kuliner lokal maupun internasional.

“Sekali orang trauma melihat proses pembuatannya tidak higienis maka nama pempek yang akan terganggu dan ini akan membuat orang tidak mau lagi mengkonsumsi pempek. Saya harap Dinas Kesahatan dan terkait untuk dapat membantu ASPPEK dalam memastikan kehigienisan proses pembuatan pempek”, tegas HD.

Sementara itu Ketua ASPPEK Palembang, Yeni Anggraini menyampaikan bahwa ASPPEK tentunya akan terus berkomitmen dan terus mengembangkan eksistensi pempek serta berusaha menjadikan pempek sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO.

Terkait hal tersebut Kepala Kantor Perwakilan BI Sumsel, Hari Widodo mengatakan semoga bantuan tersebut dapat memberikan dampak yang seluas – luasnya untuk perkembangan usaha UMKM Sumsel khususnya dibidang kuliner.

Turut hadir Ketua ICSB Sumsel, Hj. Samantha Tivani, Dirut BSB, Achmad Syamsudin, Kadis Koperasi dan UMKM Ir. H. Amiruddin, M.Si, Kadis Budpar DR. Aufa Syahrizal, S.P, M.Sc. (ojn/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *