oleh

HD: Modal, Keterampilan dan Tersedianya Pasar Kunci Keberhasilan UMKM dan IKM

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru mengharapkan  organisasi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) Nusantara dapat membimbing para pelaku UKM dan IKM yang ada di Sumsel.

Saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) UKM dan  IKM Nusantara Gubernur Herman Deru menegaskan pasca pandemi Covid-19 banyak  pekerja yang  di   PHK  yang akhirnya menjadikan para  pekerja ini  harus memutar otak dalam  memenuhi kebutuhan,  dengan  beralih menjadi  pelaku UKM dan IKM.  Oleh karena itu, dia berharap  pelaku UKM dan IKM yang baru mendapatkan bimbingan yang benar dari pihak yang berkompeten.

Menurut Herman Deru  setidaknya  ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam  menunjang keberhasilan   UKM dan IKM. Yakni  akses permodalan, keterampilan, dan tersedianya pasar  yang jelas termasuk sarana promosi.

Herman Deru menyampaikan apresiasi dengan dijadikannya Sumsel sebagai tuan rumah Munas UKM, IKM Nusantara. Sebab sebagai tuan rumah tentunya akan menjadi spirit baru bagi UKM dan IKM lokal untuk terus mengembangkan usahanya agar mampu bersaing dipasaran.

Untuk diketahui juga, para peserta Munas UKM dan IKM Nusantara merupakan perwakilan dari 27 Provinsi di Indonesia.

Turut hadir Para Kepala OPD Prov Sumsel. (rmt/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *