oleh

Wabah Covid, Pilkada Serentak Bisa Ditunda hingga 9 Bulan

PALEMBANG, Berita Rakyat Sumatera – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di sejumlah daerah di Sumatera Selatan diperkirakan ditunda. Perubahan jadwal karena disesuaikan dengan perkembangan wabah Coronavirus Covid-19.

Pilkada serentak di seluruh Indonesia awalnya dijadwal 23 September 2020 pada 270 wilayah di Indonesia, berpotensi ditunda hingga Juni 2021, atau hingga 9 bulan ke depan.

Terkait hal itu, Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Najib, melakukan kegiatan Live Virtual Talkshow bersama sebuah media di Sumsel, yang melibatkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman dan Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana.

“Pemerintah Sumatera Selatan telah menyiapkan tiga opsi mengantisipasi penundaan Pilkada serentak tersebut.
Opsi pertama, bila dilaksanakan pada bulan Desember 2020, maka kita akan menyiapkan Pjs dan Plt Bupati selama petahana cuti kampanye,” kata Najib seperti dilansir Kominfo Sumsel.

“Opsi kedua, bila dilaksanakan pada Maret 2021, kita akan menyiapkan Pjs dan Plt Bupati selama petahana cuti kampanye dan menyiapkan penjabat Bupati tanggal 17 Februari 2021 saat akhir masa jabatannya (AMJ) sampai dengan dilantiknya Bupati / Wakil Bupati terpilih,” lanjut Najib.

Opsi ketiga, bila dilaksanakan September 2021, kata Najib, maka akan disiapkan Pjs dan Plt Bupati selama petahana cuti kampanye, dan menyiapkan penjabat Bupati tanggal 17 Februari 2021 saat akhir masa jabatannya (AMJ) sampai dengan dilantiknya Bupati / Wakil Bupati terpilih.(rel/arman)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *