oleh

Badai Covid Masih Berlangsung, Presiden Instruksikan Menteri Ekonomi Serius

JAKARTA, Berita Rakyat Sumatera – Presiden Joko Widodo meminta para menteri dan jajarannya serius memperhatikan kondisi mikro, kecil, dan menengah. Instruksi Presiden itu juga meminta agar sektor perdagangan tetap bertahan di tengah badai Coronavirus Covid-19.
Menurut Presiden, Sektor riil merupakan sektor usaha yang menggabungkan banyak tenaga kerja. “Sektor ini merupakan salah satu yang sangat terpukul dengan keberadaan pandemi Covid-19. Tak ketinggalan, sektor informal juga ikut merasakannya,” kata Jokowi, seperti dilansir tim kepresidenan.
Untuk itu, lanjut Presiden, diperlukan penyelamatan, stimulus yang diperlukan, yang dipindahkan sektor-sektor yang paling terdampak. Sebab, sektor riil ini menyerap lebih banyak tenaga kerja dan kita membutuhkan mereka mampu bertahan dan tidak melakukan PHK.
Untuk menjalankan langkah penyelamatan tersebut, Kepala Negara mengatur ringkasan hal. Pertama-tama, perlu dipertimbangkan dan ditaksir. Dari pertimbangan tersebut dapat dibuat kebijakan-kebijakan yang tepat sasaran.
“Tolong dipilah secara detail sektor apa yang paling parah, yang sedang terjadi, dan yang bisa bertahan dan sulit yang bisa diambil,” kata Presiden.
Kemudian yang kedua, Presiden mengingatkan bahwa yang menjadi fokus pemerintah bukan hanya para pelaku usaha kecil dan menengah, yang diberi bantuan usaha mikro juga ikut didukung. Terkait jenis usaha tersebut dapat menjadi penggerak ekonomi dengan dukungan yang cukup besar.
“Saya kira tiga ini menjadi sangat penting, usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah (UMKM), sehingga stimulus ekonomi harus meningkatkan sektor-sektor ini,” kata Presiden.
“Tapi juga jangan dilupakan yang berkaitan dengan sektor-sektor informal karena ini juga banyak yang melibatkan tenaga kerja,” kata Presiden.
Lebih jauh, diperlukan stimulus tambahan yang juga harus dilakukan secara terbuka dan terukur dengan yang sebelumnya dilakukan verifikasi detail dan evaluasi mengenai bantuan stimulus yang diberikan kepada para pelaku usaha di sektor-sektor tersebut.
“Sektor apa yang mendapat stimulus apa saja dan bisa menghemat tenaga kerja, dihitung semuanya. Saya minta persetujuan secara detail, perlu evaluasi stimulus ekonomi yang betul-betul bisa diterima oleh sektor nyata,” kata Presiden.
(rel/ras).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *