oleh

Wow…Untuk Sampai Ke Palembang Butuh Waktu 3,5 Jam

//Deru Optimis Sumsel Jadi Gerbang Eskpor

Lahat, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumsel Herman Deru mengapresiasi kepada PT. Sriwijaya Mandiri Sumatera Selatan (PT.SMS) yang telah melakukan langkah ataupun solusi untuk pengangkutan batubara menggunakan kerera api. Hal tersebut dikatakannya saat Peresmian Angkutan Batubara PT. SMS (Perseroda) di Desa Muara Lawai Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat.

Dia menceritakan kilas balik, bahwa Gubernur Herman Deru telah menandatangani Pergub 74 Tahun 2018. Dimana truk angkutan batu bara yang melewati jalanan umum di Sumsel dipastikan tak lagi melewati jalan umum. “Keputusan itu seakan kiamat bagi para pengusaha batubara karena tidak boleh lewat jalan umum. Tapi hal tersebut saya yakinyakan kita punya kerataapi serta jalan khusus,”ungkapnya.

Selain ada sektor angkutan air, ditambah lagi dengan kereta api tentu hal tersebut membawah Sumsel menuju gerbang ekpor batubara. Karena dia menilai sektor angkutan air juga dipush untuk makin memperbanyak volume, begitu juga di kereta api dibuat solusi untuk mengangkat batubara.

“Hari ini kita saksikan sendiri peresmiannya. Dengan adanya kereta api tentu makin banyak lagi mengangkut komoditas batubara menuju gerbang ekpor. Hal tersebut juga secara tidka langsung menambah devisa negara dan PAd bagi daerah,”ungkapnya.

Deru meniup peluit memberi aba-aba agar kereta jalan.

Maka itu, HD mengapresiasi khususnya PT. KAI bahwa angkutan kerata api yang menangakut batubara sebenarnya yang efisian dan efektif dengan tingkat kecelakaan rendah, angkutan yang lebih banyak, dan hemat. Tak hanya itu, dia juga mengharapkan kepada PT. KAI bersama Kementerian PUPR untuk membuat flyover/underpas agar kereta apinya tetap dan jalan lintas tengahnya tidak terganggu.

Terlebih lagi, Gubernur Herman Deru berharap kepada PT. SMS adalah sebuah BUMD milik Provinsi Sumsel yang tentu diharapkan agar perusahaan ini bisa berjalan cepat dengan memberikan contoh bawah perusahaan ini mandiri sesuai namanya dan memberikan komtribusi nantinya.

“Kalau Pemrpov Sumsel mendapatakn PAD yang baik tentu berimbas kepada kab/kota yg akan emndpatakan vantuan keunagan daeii gubenrur. Maka syaa harap kepada pak biapti untuk membantu kelancaran ini , kalaupun ada yang diusulkan dan itu dikewangan gubernur ya diusulkan,”katanya.

Bahkan Untuk pelaksanaan ini Dia juga meminta produktifitas tidak boleh terganggu walaupun dalam kondisi pandemi covid-19. Maka itu para karyawan dalam bekerja tetap menggunakan protokol kesehatan dan hindari PHK.

Ilustrasi Angkutan Batubara.

Sementara itu Ujang warga kota Prabumulih baru baru ini berbincang dengan wartawan berita rakyat sumatera menggatakan “Allhamdulilah sejak Deru di lantik menjadi Gubernur Sumatera Selatan, kita pengguna jalan Raya sudah tidak menemui kemacetan lagi,dan ini tentunya patut kita berikan apresiasi kepada beliau (deru).”

“Dulu kalau mobil batu bara masih lewat jalan umum, untuk kepalembang saja paling cepat 3,5 jam, bahkan bisa lima jam dari kota Prabumulih, apalagi kalau mobil batu bara ada yang terbalik atau yang pecah ban jalan maka waktu tempuh jauh lebih lama lagi.”

“Sekarang enak kita berkendara, mau ke manah saja tidak lagi takut macet,bahkan saya yakin kalau bapak wartawan lihat di catatan Polisi lalu lintas,angka laka lantas pasti jauh menurun setelah angkutan batu bara tidak lagi melintas di jalan umum,ujar ujang meyakinkan wartawan berita rakyat sumatera.”(ray/rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *