oleh

Cegah Covid-19, Presiden AS Percepat Pengiriman Alat Kesehatan ke Indonesia

JAKARTA, Berita Rakyat Sumatera – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mempercepat kesepakatan kerjasama pengadaan alat kesehatan dalam penanganan Coronavirus Covid-19. Selain alat kesehatan, kedua pemimpin negara itu juga berkomitmen memperkuat kemitraan di bidang perdagangan dan ekonomi setelah masa pemulihan ekonomi akibat Covid-19.

“Komunikasi dengan Presiden Donald Trump,
Dalam rangka bertukar pikiran mengenai  penanganan Covid-19. Saya menyampaikan apresiasi atas kerjasama pemerintah Indonesia dan pemerintah Amerika Serikat dalam upaya penanganan Covid-19. Bagaimana upaya mengatasi kekurangan alat kesehatan dan alat perlindungan bagi tenaga medis, seperti ventilator, APD, dan masker sebagaimana dialami oleh semua negara. Keperluan alat kesehatan dan mengatasi dampak Covid-19 ini harus dipercepat,” kata Presiden Jokowi, seperti dilansir tim kepresidenan.

Sementara itu, Presiden Trump menjelaskan, upaya pembuatan ventilator di negaranya dan menyampaikan akan mengirim ke Indonesia apabila sudah siap. Kerja sama ini akan ditindaklanjuti oleh tim masing-masing negara. “Bila pembuatan ventilator ini sudah siap, kami akan percepat pengiriman alat kesehatan ke Indonesia,” ujar Trump.

Pembicaraan kedua pemimpin negara tersebut, juga menyepakati memperkuat kemitraan di bidang perdagangan dan ekonomi setelah masa pemulihan ekonomi akibat Covid-19. “Indonesia adalah negara penting bagi Amerika Serikat. Kita harus tingkatkan terus kerja sama kedua negara,” ucap Presiden Trump.(asm/rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *