oleh

UNHCR: Jangan Dorong Rohingya ke Laut di tengah darurat Coronavirus

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Pengungsi Rohingya yang tidak memiliki kewarganegaraan telah melarikan diri dari Myanmar dengan menggunakan perahu. dan mereka dilaporkan telah menghadapi masalah-masalah mengerikan, dan banyak kasus fatal yang terjadi di lautan.

Maka dari itu negara-negara di kawasan terdekat harus mengizinkan mereka untuk berlabuh dengan alasan kemanusiaan meskipun ditengah krisis kesehatan coronavirus, di lansir dari Aljazeera.

Indrika Ratwatte, direktur UNHCR Asia-Pasifik, mengatakan pada hari Kamis Perserikatan Bangsa Bangsa “semakin prihatin” dengan laporan ratusan pengungsi Rohingya di kapal penangkap ikan yang ditolak masuk ke negara-negara terdekat dengan kondisi berbahaya di kapal penyelundup.

“Kami semakin prihatin dengan banyak nya laporan tentang kegagalan untuk menurunkan orang orang rohingya di atas kapal yang mana dalam kondisi kesusahan dan bisa meresiko kan anak-anak di atas kapal,” kata Ratwatte.

“Pencarian dan penyelamatan, bersama dengan pendaratan cepat, adalah tindakan yang menyelamatkan jiwa.” Lanjut nya.

Dalam beberapa hari terakhir, dilaporkan bahwa sebuah pesawat pengintai Malaysia mencegah sebuah kapal yang membawa sekitar 200 pengungsi Rohingya yang mencoba memasuki perairan Malaysia, Namun Malaysia memaksa kapal itu kembali ke perairan di selatan Thailand.

Angkatan udara Malaysia mengatakan pihaknya khawatir bahwa kelompok pengungsi itu mungkin membawa virus corona ke negara mereka.

Namun awak kapal angkatan laut Malaysia telah membagikan makanan kepada orang orang diatas kapal itu sebelum mereka mengawal kapal itu keluar dari perairan negara.

Dan Sebelumnya penjaga pantai Bangladesh melaporkan bahwa setidaknya 24 Rohingya meninggal di laut setelah kapal mereka gagal mencapai Malaysia. Hampir 400 lainnya selamat di atas kapal yang mana telah terpaut di Laut Andaman selama berminggu-minggu. (ras/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *