oleh

Mendagri Luncurkan Empat Strategi Nasional

JAKARTA, BeritaRakyatSumatra – Pemerintah Republik Indonesia berupaya keras menghadapi makin mewabahnya virus Corona (Covid-19). Upaya percepatan penanganan Covid-19 itu, Menteri Dalam Negeri ,Tito Karnavian meluncurkan grand strategi nasional. Dalam waktu dekat, Tito akan berdiskusi dengan kementerian terkait dan pemerintah daerah se-Indonesia.

“Penyebaran Covid-19 ini masalah adalah kita, masalah yang mendunia. Pandemi ini menyerang hampir seluruh negara. Untuk menyetop peredarannya yang sangat cepat itu, kita perlu membuat grand strategi penanggulangan Covid-19,” kata Tito Karnavian, Senin (6/4/2020).

Bentuk pencegahan dan penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China itu, dalam video conference Kabinet Terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Menteri Tito Karnavian menyampaikan empat strategi nasional penanggulangan pencegahan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

“Pandemi Covid-19 ini merupakan masalah nasional yang harus diselesaikan secara komprehensif dan terpadu. Hampir semua sendi kehidupan berimbas oleh persoalan ini, seperti kehidupan ekonomi dan social,” kata Tito.

Untuk percepatan penyelesaian pencegahan dan penyebaran virus Corona, lanjut mantan Kepala Kepolisian Republik Indonesia itu, tidak bisa diselesaikan secara parsial alias sendiri-sendiri oleh sektoral, melainkan harus diselesaikan secara bersama-sama. “Untuk menghadapi pandemi Covid-19 ini, kita membutuhkan grand strategi nasional, yaitu empat pilar strategi yang saling berhubungan dan satu kesatuan. Inilah yang akan kita lakukan secara bersama-sama secara nasional,” ujar Tito Karnavian.

Keempat strategi nasional itu, pertama adalah strategi pencegahan penularan Covid-19. Kedua: strategi menyangkut peningkatan system ketahanan tubuh, baik tingkat indvidu maupun komunitas masyarakat. Ketiga: peningkatan kapasitas sistem kesehatan, baik tingkat Pusat maupun di seluruh daerah di Indonesia. Keempat adalah mengoptimalkan kapasitas produksi industri, khususnya bidang kesehatan dan produksi kebutuhan dasar masyarakat, termasuk ketahanan pangan. Untuk petani, nelayan, dan peternak harus diproteksi agar mampu meningkatkan produksi pangan.

“Untuk mencapai target yang kita inginkan, keempat komponen strategi nasional itu harus kita lakukan bersamaan, tentu disertai langkah-langkah operasional,” kata Menteri Tito Karnavian.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *