oleh

Pemerintah Bekerja Sungguh-Sungguh Kendalikan Pandemi

Jakarta, Berita Rakyat Sumatera – Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, mengatakan pemerintah bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mengendalikan bencana pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia lebih dari 1,5 tahun terakhir.

“Pemerintah bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mengendalikan pandemi Covid-19. Mulai dari menyerukan dan menegakkan pelaksanaan 3M, melakukan peningkatan 3T serta melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi,” kata dia, saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Pencegahan Gagal Pertumbuhan Pada Anak 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Senin.

Pandemi Covid-19 merupakan ujian bagi Indonesia karena memiliki dampak luas; tidak hanya pada sektor kesehatan, melainkan juga pada sektor sosial dan ekonomi masyarakat, tambah Wapres.

“Pandemi ini menuntut kita untuk tetap tangguh dalam menghadapinya. Sebagai sebuah bangsa, kita sedang berjuang bersama menghadapi ujian tersebut,” kata dia.

Sejumlah program kerja pemerintah juga mengalami kendala dalam pelaksanaannya karena pandemi Covid-19, khususnya kegiatan pelayanan yang harus ada interaksi langsung dengan masyarakat.

“Alokasi anggaran dan layanan kesehatan juga terfokus pada upaya untuk mengatasi Covid-19,” katanya.

Oleh karena itu, berkaitan dengan program penurunan angka gagal pertumbuhan pada anak alias stunting, dia berharap capaian yang sudah diraih dapat tetap terjaga meski di tengah kondisi pandemi. Indonesia berhasil menurunkan angka stunting dari 37,2 persen di 2013 menjadi 27,7 persen di 2019.

“Pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi upaya percepatan penurunan stunting. Capaian yang sudah baik selama tujuh tahun terakhir harus terus dipertahankan untuk mencapai target 14 persen pada akhir 2024,” ujar dia. (jek/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *