oleh

Epidemiolog: Belajar tatap muka di Palembang ditinjau per kelurahan akan dilaksanakan pada Januari 2021

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Epidemiolog Universitas Sriwijaya Dr Iche Andriany Liberty menilai rencana belajar tatap muka yang akan tetap dilaksanakan pada Januari 2021 oleh Pemerintah Kota Palembang dinilai perlu meninjau kondisi kasus per kelurahan berdasarkan lokasi sekolah.

Menurut Iche di Palembang, Senin, sekolah cukup aman dibuka jika berada di kelurahan yang tidak muncul kasus aktif dalam 14 hari dan domisili siswa juga berada di kelurahan yang sama.

“Paling tidak petakan kembali jumlah kasus aktif di kelurahan sekolah itu berada,” ujarnya menanggapi rencana Pemkot Palembang memberlakukan belajar tetap muka mulai Januari 2021.

Menurut dia berdasarkan perkembangan kasus COVID-19 saat ini, Kota Palembang belum sepenuhnya aman untuk melaksanakan belajar tatap muka karena peningkatan kasus masih mengkhawatirkan serta status zonasi masih kisaran sedang hingga tinggi.

Namun jika sekolah tetap dibuka maka tiga unsur utama yakni orang tua, sekolah dan pemerintah harus bersedia bertanggung jawab serta tidak saling menyalahkan jika muncul klaster.

Selain itu sekolah perlu bekerja sama dengan Puskesmas yang dapat memantau protokol kesehatan dan agar lebih cepat dalam melakukan pelacakan jika ditemukan kasus.

Sebelumnya Pemkot Palembang menawarkan pola jadwal tatap muka bergantian sehingga kerumunan siswa dapat ditekan,  Iche menilai potensi penularan COVID-19 tetap akan ada karena faktor kepatuhan protokol kesehatan masyarakat masih belum optimal.

“Orang tua dan siswa mungkin sudah patuh prokes tapi gurunya bisa jadi lengah, begitu juga sebaliknya, sekarang kondisinya masih lumayan riskan untuk belajar tatap muka,” jelasnya.

Ia menyebut kondisi aman yang sepenuhnya untuk siswa bergantung pada kecepatan Satgas COVID-19 dalam menangani pandemi dari hulu hingga hilir, atau setidaknya setelah 70 persen masyarakat menerima vaksinasi.

“Ketika indikator pandemi sudah terkendali maka sekolah aman dibuka,” kata dia. (icn/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *