oleh

HD: Libatkan PKK dan kWT untuk Lakukan GSMP

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumsel H Herman Deru menghadir Peringatan Hari Ulang Tahun Desa Marga Mulya Kec. Rambang Kab. Muara Enim ke 40 dengan tema Marga Mulya Menuju Kemandirian Pangan

Menanggapi tema HUT tersebut, HD mengatakan untuk mencapai kemandirian pangan ada beberapa hal yang diharapkan petani. Panen melimpah, modal kecil, transportasi lancar, hasil melimpah.

“Jadikan HUT ke 40 ini untuk introspeksi diri, melihat rekam jejak, apa yg sudah dilakukan dan dirasakan setelah 40 tahun ini, apa yg sedang diperbuat saat ini dan apa yang akan dilakukan kedepan” ujar HD.

HD, mengapresiasi apa yang telah dilakukan Kades Marga Mulya dimana sudah mampu membuat terobosan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) . Dari berbagai kunjungan ke daerah, dirinya selalu mendapari permasalahan kenaikan harga bahan pokok.

“Kenaikan harga akan terasa karena kita selalu membeli. GSMP mengubah mindset dari konsumen menjadi produsen. Yang tadinya membeli menjadi menghasilkan. Dari 6 dusun di Marga Mulya , berdayakan PKK untuk menggerakkan masyarakat terutama para ibu. Misalnya dari 5 pot yg berisi kembang, 3 pot diganti dengan tanaman sayuran, cabe,, tomat dan lain-lain.

“Dari setahun yang lalu sejak dilaunchingnya GSMP, sudah terlihat hasilnya. Sumsel masuk kedalam 10 Provinsi terbaik dalam mengendalikan inflasi. Sumsel Juga menjadi Provinsi terbaik dalam penurunan stunting, dari 21% saat ini 18%. Dan Muara Enim termasuk Kabupaten dengan angka penurunan stunting yang tinggi” ujar HD.

Kades Marga Mulya Saputra Anemar menyampaikan untuk mendukung program GSMP dan Ketahanan Pangan, saat ini di Desa Marga Mulya memiliki 6 Kelompok Wanita Tani (KWT)

“Kami mempunyai cita-cita besar untuk menjadi Desa Mandiri pangan. Saat ini untuk lauk pauk dan sayuran kami tidak perlu ke Prabumulih. Harapan kami kedepan selain memenuhi kebutuhan masyarakat Marga Mulya, juga dapat memenuhi kebutuhan desa lainnya” ujar Saputra.

HD juga menyerahlan bantuan uang tunai sebesar Rp. 25 juta dan bibit cabe kepada Ketua PKK Desa Marga Mulya.

Turut hadir Para Kepala OPD Prov Sumsel. (ojn/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *