oleh

Kunjungi Batam, Satu Warga Palembang Positif Covid-19

PALEMBANG, BeritaRakyatSumatera – Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumsel kembali mengumumkan tambahan kasus positif Covid-19 di Sumsel. Kali ini menimpa seorang warga Palembang, perempuan berusia 55 tahun. Status kasus ke-17 ini merupakan transmisi lokal. Dimana yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan dari Kota Batam, Kepulauan Riau.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumsel, Prof Yuwono mengatakan saat ini kondisi pasien kasus ke-17 stabil dan tengah menjalani perawatan di ruang isolasi RSMH Palembang. “Kasus terbaru ini statusnya impor. Lantaran tertular ketika saat berkunjung dari wilayah terjangkit yakni dari Batam,” ujar Yuwono saat menyampaikan keterangan persnya, Kamis (9/4).

Yuwono mengatakan seluruh pasien positif kondisinya berangsur stabil. Tidak ada yang dipasangi ventilator ataupun masuk ruang ICU karena penurunan kondisi tubuh. “Semuanya stabil dan saat ini sedang menjalani perawatan di ruang isolasi,” katanya.

Ia mengatakan dengan tambahan kasus tersebut, membuat pasien positif Covid-19 di Palembang menjadi 4 orang. Dijelaskan Yuwono, untuk perkembangan kasus Covid-19 di Sumsel, pihaknya telah mengirimkan sampel 154 spesimen. Hasilnya 17 diantaranya postif, 74 spesimen dinyatakan negatif. Sementara 63 spesimen masih dalam pemeriksaan.

Jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) saat ini ada 1.881 orang, di mana 1.018 orang telah selesai pemantauan, dan 808 orang masih di rawat. Sedangkan untuk kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 56 orang, negatif 35 orang dan masih dalam pengawasan 19 orang.

“Untuk kasus transmisi lokal lainnya saat ini masih kami telusuri.┬áBeberapa daerah masih kita lacak apakah masuk wilayah transmisi lokal. Termasuk juga OKU,” bebernya.

Yuwono juga mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa melakukan Social distancing dan juga fisikal distancing. Selain itu, menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi serta menerapkan pola hidup sehat. “Jaga kebersihan lingkungan dan gunakan alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan saat bepergian,” pungkasnya.(tiwi/bbs).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *