oleh

MY Eksekusi 1.384 Arsip Inaktif Prov. Sumsel

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Mawardi Yahya (MY) menghadiri dan menyaksikan kegiatan pemusnahan arsip inaktif milik Pemprov Sumsel yang dilaksanakan dengan metode dibakar.

Dikesempatan tersebut MY mengatakan bahwa pemusnahan arsip inaktif perlu dilakukan apalagi arsip yang sudah tidak lagi ada fungsi dan kegunaannya bagi pemerintah daerah.

“Pemusnahan arsip perlu dilakukan agar mempermudah pekerjaan dinas kearsipan dalam mempersempit lingkup pencarian berkas dan memberi ruang untuk menyimpan arsip yang baru”, ungkap MY.

Selain itu MY juga menjelaskan Kenapa harus ada dinas tersendiri dalam mengurus kearsipan. Hal ini dikarenakan untuk arsip merupakan benda penting bagi pemerintahan yang harus dikelola dengan baik agar ketika diperlukan dapat dengan mudah dicari dan ditemukan serta menjadi bukti dari pekerjaan yang telah dilakukan oleh pemerintah.

1.384 berkas yang dimusnahkan merupakan arsip dari delapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumsel diantaranya Dinas Kehutanan 107 Berkas, Dinas Perdagangan 75 Berkas, Dinas Kearsipan 96 Berkas, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu 84 Berkas, Dinas Kesehatan 724 Berkas, Dinas Kelautan dan Perikanan 107 Berkas, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman 150 Berkas, Badan Kepegawaian Daerah 41 Berkas.

Turut hadir Kepala Dinas Arsip Daerah Provinsi Sumsel, Dra. Hj. Septiana Zuraida, S.H.,M.Si Serta Kepala OPD Prov. Sumsel Terkait. (ojn/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *