oleh

Pemprov Sumsel Terima Kunker Sekretaris Deputi Kemenpan RB RI

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Gubernur Sumsel H Herman Deru diwakili Kadis Kominfo Sumsel H Achmad Rizwan, SSTP, MM menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Sekretaris Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemenpan RB RI dalam rangka uji materi rancangan model referensi arsitektur dan peta rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional.

Terkait hal tersebut, Herman Deru melalui  Rizwan berharap implementasi SPBE setempat tidak hanya pada layanan pemerintah saja namun juga dibutuhkan layanan ke masyarakat. Oleh sebab itu, kedepannya untuk proses implementasinya,  Ia meminta agar terus dilakukan koordinasi dan komunikasi antara Pemprov Sumsel dan Kemenpan RB sehingga hasil yang dicapai lebih baik.

“Saat ini masih ada juga masyarakat yang kesulitan pada teknologi. Diiringi pemahaman tentang SPBE juga masih minim dapat menjadi salah satu kendala dalam implementasi SPBE. Maka melalui kesempatan ini Pemprov Sumsel minta agar rancangan arsitektur SPBE Nasional dapat mengakomodir seluruh komponen dengan sistem jaringan bagi pakai,” ungkapnya

Sementara itu, Analis Kebijakan Muda/Subkoordinator Perumusan Kebijakan SPBE Kemenpan RB, Hamzah Fansuri mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan SPBE secara nasional. Dalam kegiatan ini akan dijelaskan tentang penyusunan arsitektur SPBE nasional dengan acuan utama pembangunan SPBE nasional, untuk mewujudkan keterpaduan SPBE nasional antara pusat dan Daerah.

Konsultan dari BPPT, Raden Trimanadi menjelaskan arsitektur SPBE Nasional adalah kerangka dasar yang mendeskripsikan integrasi proses bisnis, data dan informasi, infrastruktur SPBE, aplikasi SPBE, dan keamanan SPBE untuk menghasilkan layanan SPBE yang terintegrasi secara nasional, pusat, dan daerah. (ojn/rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *