oleh

Pemudik Lebaran 2023 di Sumatera Utara diperkirakan meningkat

Sumatera Utara, Berita Rakyat Sumatera – Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara memperkirakan mobilitas pemudik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah akan mengalami peningkatan dibandingkan pada musim mudik Lebaran tahun 2022.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumatera Utara, Agustinus, menjelaskan kenaikan jumlah pemudik di Sumut pada Hari Raya Idul Fitri 2023 diperikirakan tidak terlalu jauh dari tahun sebelumnya.

“Kalau prediksi kita masih kompilasi data, kalau hitung-hitungan kita tidak terlalu jauh seperti arus mudik Lebaran tahun lalu,” ujarnya di Medan, Kamis.

Berdasarkan cacatan pemudik asal Sumatera Utara pada tahun 2022 sebanyak 3,7 juta orang.

Agustinus mengungkapkan mobilitas tinggi pemudik Lebaran tahun 2023 sama seperti tahun sebelumnya, tidak ada pembatasan seperti pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), akibat pandemi COVID-19.

“Polanya hampir sama, tidak ada lagi pembatasan, yang penting vaksin syarat perjalanannya, lebih longgar,” kata Agustinus.

Untuk seluruh moda transportasi, Agustinus memprediksi akan terjadi kenaikan pemudik sekitar 5 hingga 15 persen. Namun, kenaikan pemudik tersebut, dengan merujuk musim mudik Lebaran 2022.

“Untuk angkutan jalan sekitar 5-10 persen, kereta api dan transportasi udara sekitar 15 persen, serta transportasi laut sekitar 10 persen. Seperti itu peningkatan,” ujarnya.

Dari segi persiapan pengamanan arus mudik Lebaran 2023, Agustinus mengatakan terlalu dini hendak disampaikan mengingat harus terlebih dahulu disusun skema pengamanan bersama TNI/Polri dan stakeholder terkait.

Ia juga menjelaskan pemerintah provinsi Sumut tengah melakukan proses perbaikan jalan yang ada di Sumatera Utara, terutama jalan berstatus jalan provinsi.

Perbaikan jalan tersebut, merupakan mega proyek dari Rp 2,7 triliun dari APBD Sumut secara multiyears. Kini, proses pengerjaan tengah dilakukan sampai saat ini. (rmt/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *