oleh

Sejumlah Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri, Diawasi Ketat Pemerintah dan Aparat

PALEMBANG, BeritaRakyatSumatera – Sejumlah Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri, Diawasi Ketat Pemerintah dan Aparat. Pasien isolasi mandiri akibat Coronavirus Covid-19 dipastikan mendapat pengawasan ketat oleh pemerintah Indonesia. Pemantauan secara bergantian dilakukan oleh Dinas Kesehatan, Ketua Rukun Tetangga (RT), hingga aparat Polri, dan TNI. Masyarakat sekitar juga diminta untuk membantu pasien yang melakukan isolasi mandiri.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, melalui Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan, Yusri, mengatakan, Pemerintah Sumatera Selatan saat ini sedang menangani beberapa pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri. “Mereka melakukan isolasi mandiri dengan sangat disiplin, karena kita sudah lakukan edukasi agar mereka terbebas dari Covid-19,” kata Yusri.

Bukan hanya dilakukan pengawasan terhadap pasien yang melakukan isolasi mandiri, tetapi dilakukan penilaian secara rutin oleh tim. Bahkan, tim dari unsur Dinas Kesehatan, Ketua RT, bahkan TNI dan Polri, secara bergantian melakukan pengawasan terhadap beberapa pasien yang diisolasi secara mandiri. Memang nama dan identitas tidak dipublis, supaya yang bersangkutan tidak dikucilkan dari masyarakat.

“Tetapi kami yakinkan bahwa pasien tidak akan lari, sangat kecil kemungkinan dia akan lari. Selain sudah mendapat edukasi secara baik, pasien juga diawasi ketat oleh petugas. Pasien yang diisolasi mandiri juga memiliki tempat tinggal yang memadai, termasuk soal makanan mendapat perhatian serius dari pemerintah,” tegas Yusri.

Bila pasien yang melakukan isolasi mandiri tinggal di rumah sendirian, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Ketua RT setempat untuk menyalurkan bantuan makanan. “Kami sudah minta kepada pasien untuk tidak keluar rumah, soal makanan sudah kami koordinasikan dengan Ketua RT untuk disalurkan kepada yang bersangkutan (pasien). Dengan demikian, pasien akan disiplin menjalani masa pengobatan dan isolasi mandiri,” kata Yusri.

Dalam penanganan Coronavirus Covid-19 ini,  doa berharap, masyarakat dapat berperan aktif dan mengikuti anjuran pemerintah. “Jalankan anjuran pemerintah, jangan panik. Lakukan pola hidu sehat, makan makanan bergizi, tidur cukup, rajin berolahraga. Sebab, daya tahan tubuh sangat berguna bagi tubuh untuk menangkal penyebaran Coronavirus Covid-19. Jangan keluar rumah jika tidak mendesak. Hindari keramaian. Dengan disiplin yang ketat, mudah-mudahan kita terhindar dari Coronavirus Covid-19,” kata Yusri mengingatkan.(ray/agus/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *