oleh

Sekda Buka Rakor Kepegawaian Tahun 2023 antara BKD Prov. Sumsel dengan BKPSDM Kab/Kota se Sumatera Selatan

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Rakor Kepegawaian kali ini mengusung Tema “Strategi Peningkatan Nilai Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (IP ASN) Instansi Daerah Wilayah Kerja Kanreg VII BKN Tahun 2023”.

Dalam sambutannya Sekda Prov Sumsel SA Supriono mengatakan untuk mengetahui tingkat profesionalitas ASN diperlukan pengukuran Indeks Profesionalitas ASN. Hal ini diatur dalam Permen PAN-RB Nomor 38 Tahun 2018 tentang Indeks Profesionalitas ASN dan Peraturan BKN Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pedoman Tata Cara dan Pelaksanaan Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN.

“Pengukuran indeks profesionalitas ASN akan menghasilkan peta atau potret tentang tingkat profesionalitas ASN dengan menggunakan kriteria tertentu sebagai standar profesionalitas ASN yaitu kesesuaian kualifikasi, kompetensi, tingkat kinerja, dan kedisiplinan pegawai ASN melaksanakan tugas jabatannya” ujar Supriono.

Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN diharapkan mampu memotret tingkat profesionalitas ASN pada Instansi Pemerintah dan ASN itu sendiri serta sebagai dasar pemetaan pengembangan kompetensi ASN yang diharapkan mampu meningkatkan nilai Reformasi Birokrasi.

“Manfaat yang diharapkan dari hasil Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN ini bagi Pegawai itu sendiri digunakan sebagai area pengembangan diri dalam upaya peningkatan derajat Profesionalitas sebagai Pegawai ASN. Bagi instansi Pemerintah digunakan sebagai dasar perumusan dalam rangka pengembangan pegawai ASN secara organisasional. Sedangkan bagi Masyarakat Digunakan sebagai instrumen kontrol sosial agar Pegawai ASN selalu bertindak profesional terutama dalam kaitannya dengan pelayanan publik” tutup Supriono.

Sebagai Narasumber Deputi SINKA BKN Pusat, Direktur Jabatan ASN BKN Pusat, Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN Pusat dan Kepala LAN RI.

Turut hadir para Sekda Kab/Kota, Kepala BKPSDM Kab/Kota se Sumsel dan Para Kepala OPD Prov Sumsel. (jek/ril)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *