oleh

Listrik Gratis Diperpanjang hingga September

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Program listrik bersubsidi akan diperpanjang untuk enam bulan ke depan. Artinya, pelanggan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dari 450 VA dan 900 VA grup akan menikmati program ini hingga September 2020.

Subsidi listrik dalam bentuk pembebasan tarif diberikan kepada 2,4 juta 450 VA pelanggan rumah tangga. Sementara itu, subsidi tarif 50 persen diberikan kepada 7,2 juta pelanggan rumah tangga dengan 900 VA.

Seperti diketahui, sebelumnya kebijakan subsidi tarif listrik diluncurkan oleh pemerintah menyusul penetapan status darurat kesehatan masyarakat ke-19 dan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Anggaran yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk subsidi listrik juga meningkat sebesar Rp6,9 triliun menjadi Rp61,69 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kebijakan itu adalah salah satu langkah pemerintah untuk mempertahankan konsumsi publik, yang merupakan salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi.

“Sebelumnya, subsidi tiga bulan hingga Juni, sekarang telah diperpanjang hingga September,” katanya, dikutip dari Cable News Network Indonesia, Senin (18/5).

Selain perpanjangan subsidi listrik, kebijakan lain yang diambil pemerintah untuk mempertahankan konsumsi adalah meningkatkan waktu pemberian bantuan tunai Dana Desa (BLT) dari tiga bulan menjadi enam bulan, yaitu hingga September.

Namun demikian, jumlah nominal bantuan tambahan dipotong oleh Pemerintah dari Rp. 600 ribu per bulan pada bulan April hingga Juni, menjadi Rp. 300 ribu pada bulan Juli-September.

Perpanjangan periode bantuan juga dilakukan untuk bansos tunai non-Jabodetabek dan bantuan makanan pokok Jabodetabek, dari tiga bulan menjadi sembilan bulan atau hingga April hingga Desember 2020.

Pada bulan April hingga Juni, penerima bantuan sosial menerima bantuan sebesar Rp600 ribu per bulan. Sedangkan pada periode Juli hingga Desember berjumlah Rp 300 ribu per bulan. (ras / bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Berentila program gratis capek rakyatni dgn permainn yg membigungkan kalau memang negara ini suda mapan dan mmpu coba hentikan monopoli hasil tani rayat naaah mutermuter sampai kepetani tingal kulitnya lgi buk 😭😭

    Coba keluarkan kebijakan terbaru buwat rayat klola hasil tani seperti bangsa mendirikan persero( bwmn )

    Ini dari kemarin kemarin gratis gratis yg ngak ngerti lewat

    Prona ..program internasionl gratis tdk boleh 1rupiapun diambil biyaya hala mala masarakat bayar dri500sampa1juta ngak bayar ngak dibikin suru tanda tangan diatas metrai dak galak pemerinta desa tu

    Lapor polisi butu pakta law dakdo bukti diemm kan korupsi ujungujungnya