oleh

Vonis Mantan Ketum PPP Dipangkas 1 Tahun Penjara, KPK Siapkan Banding

JAKARTA, Berita Rakyat Sumatera – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bergerak cepat melakukan analisis terhadap putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang menurunkan hukuman bagi Romahurmuziy, mantan Ketua Umum DPP PPP, menjadi 1 tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider 3 bulan kurungan.

“Sesuai mekanisme tim Jaksa Penuntut Umum KPK akan melakukan analisa terhadap putusan tersebut. Setelah dilakukan pertimbangan, selanjutnya akan diusulkan ke pimpinan untuk penentuan sikap,” kata Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada pers.

Opsi yang dapat dipilih KPK ialah kasasi atas vonis banding Romy di PT DKI Jakarta. Banding yang diajukan Romy atas putusan Pengadilan Tipikor yang memvonis dirinya 2 tahun penjara. Dengan banding tersebut, Romy mendapat pengurangan 1 tahun penjara.

Sementara itu, dengan pengurangan vonis tersebut, menurut pengacara Romahurmuziy, Maqdir Ismail, bila putusan itu dijalankan maka pekan depan Romy akan dibebaskan. “Dengan putusan ini, pekan depan mestinya sudah dibebaskan. Soal kasasi yang mungkin akan dilakukan oleh KPK, sebenarnya tidak ada dasar hukum untuk tetap menahan klien kami, karena putusan PT DKI sudah keluar,” kata Maqdir.

Romahurmuziy sebelumnya ditahan karena divonis 2 tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider 3 bulan kurungan. Vonis oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor tersebut karena Romy menerima gratifikasi terkait memuluskan pengangkatan Kepala Kantor Kementerian Agama Jawa Timur dan Kabupaten Gresik.(asm/ray/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *