oleh

Presiden Resmikan Ruas Tol Balikpapan-Samarinda

Jakarta, Berita Rakyat Sumatera – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan secara langsung ruas tol Balikpapan-Samarinda seksi Balikpapan-Samboja di Gerbang Tol Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa petang.

“Sore hari ini alhamdulillah telah selesai seluruh ruas jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,3 km. Telah tuntas diselesaikan, telah tuntas dikerjakan,” kata Presiden Jokowi dalam acara persemian ruas jalan tol sebagaimana disaksikan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Selasa.

Kepala Negara mengatakan keberadaan jalan tol tersebut menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, meningkatkan jaringan logistik dan memperbaiki daya saing terutama komoditas-komoditas yang diproduksi di Provinsi Kalimantan Timur.

Jokowi berharap ekonomi di Provinsi Kalimantan akan semakin efisien dan semakin kompetitif.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim sore hari ini saya resmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda seksi I dan seksi V, terima kasih,” ujar Presiden yang kemudian dilanjutkan dengan penekanan tombol sirine.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor berharap keberadaan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda akan mendukung mobilitas masyarakat, barang dan jasa, serta menumbuhkan perekonomian dan kemajuan pembangunan di Kalimantan Timur.

“Selamat dan sukses atas operasionalisasi Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi I dan V,” ujar Isran Noor.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan-Samarinda Jinto Sirait menyampaikan dengan lancarnya transportasi antara dua kota tersebut, diharapkan bisa menimbulkan multiflier effect bagi pertumbuhan ekonomi.

Jinto berharap masyarakat di wilayah tersebut akan semakin sejahtera.

Sementara itu Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kaltim, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Junaidi mengatakan dari sisi kualitas pihaknya sudah melaksanakan uji layak fungsi.

Junaidi mengatakan semua aspek kualitas dan keamanan sudah terpenuhi, sehingga Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi I dan seksi V sudah sangat siap untuk dioperasikan.

Adapun peresmian ruas Jalan Tol Balikpapan-Samarinda mendapat respons positif dari masyarakat.

Pengemudi transportasi antarkota Amir mengaku senang dengan peresmian tersebut karena keberadaan tol tersebut dapat mempersingkat waktu tempuh kendaraan.

Hal serupa disampaikan pengusaha UMKM setempat, Yadi. Yadi mengatakan keberadaan tol itu membuat jarak tempuh antarkota menjadi lebih dekat dan lebih cepat serta menguntungkan pengusaha UMKM dalam mengantar produk. (rmt/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *