oleh

Puan Maharani resmikan objek wisata religi New Kemukus di Sragen

Sragen, Berita Rakyat Sumatera – Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan penataan kawasan objek wisata religi dan keluarga New Kemukus di Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Rabu.

Ketua DPR RI Puan Maharani dengan didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, membuka objek wisata religi New Kemukus di Sragen dengan anggaran dari Kementerian PUPR senilai Rp68 miliar.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan syukur kawasan Gunung Kemukus Sumberlawang dari wisata negatif sekarang sudah bisa berubah menjadi wisata religi yang positif. Bahkan, New Kemukus untuk wisata keluarga setelah dilakukan revitalisasi penataan kawasan.

Wisata religi Gunung Kemukus pada hari biasa sudah didatangi wisatawan kurang lebih 300 hingga 400 orang per hari. Namun, kata dia, setelah pembukaan atau peresmian ini, diharapkan ada peningkatan pengunjung.

Menurut Puan Maharani, peresmian objek religi New Kemukus tepat waktu karena mulai 29 April 2022, cuti bersama liburan Lebaran. Bahkan Kabupaten Sragen, menjelang libur Lebaran menargetkan kunjungan wisatawan domestik di New Kemukus mencapai Rp15.000 orang. Ia berharap wisatawan yang datang bukan hanya di Jawa Tengah, tapi juga dari daerah lain di Indonesia, bahkan mancanegara.

New Kemukus Sragen, kata Puan, tentu bisa juga menjadi edukasi untuk anak-anak, mengingat ada banyak keramba-keramba berbagai jenis ikan, sekaligus menikmati makanan daerah.

Selain itu, Puan juga meminta jangan sampai tempat yang bagus dan indah tersebut tidak terawat dan harus tetap bersih lingkungannya agar menjadi salah satu destinasi wisata Nusantara.

Sementara itu Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan Gunung Kemukus dulunya dikenal sebagai tempat wisata religi negatif atau informasi di Google atau jurnalis asing sering menyebut sebagai sex mountain.

“Kami mempunyai keinginan untuk meluruskan sejarah, dimana di lokasi objek wisata ada makam Pangeran Samudra yang seharusnya ziarah dengan tidak melakukan hal-hal yang negatif biasanya pada setiap malam Jumat pon,” kata Bupati.

Pihaknya bisa mengubah paradigma negatif terhadap Gunung Kemukus tersebut dengan cara penataan kawasan itu menjadi objek religi dengan luas sekitar 4 hektare.

Kegiatan revitalisasi objek wisata religi New Kemukus Sragen dilakukan antara lain pada Gerbang Barong, Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) Sumberlawang, RTHP Sendang Ontrowulan, visitor center, penataan situs Makam Pangeran Samudra, sirkulasi jalan lingkungan, dan fasilitas klinik.

“Kami berharap wisatawan Nusantara dapat mengunjungi di objek wisata religi New Kemukus Sragen, sekaligus dapat menumbuhkan perekonomian UMKM warga sekitar,” katanya. (jek/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *