oleh

Pemprov Sumsel Dukung Program Percepatan Reforma Agraria

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Hal tersebut terungkap saat Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya menghadiri acara konsultasi publik Sumsel program percepatan reforma agraria bertema “Terpetakannya Potensi Konflik dan Masalah Aspek Lingkungan dan Sosial di Wilayah Kerja PPRA”.

Reforma Agraria adalah penataan kembali struktur penguasaan, pemilikian, penggunaan, dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui Penataan Aset dan disertai dengan Penataan Akses untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

Mawardi katakan bahwa reforma agraria merupakan masalah yang kompleks. Dimana Presiden juga telah melakukan pembagian ribuan hektar setifikat tanah secara langsung kepada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat mempunyai legalitas mengenai kepemilikan tanahnya.

“Pemerintah sebagai pemegang amanah, harus terus memperbaiki reforma agraria yang diinginkan sehingga terus menjadi lebih baik secara bertahap,” ujarnya.

Mawardi mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan akan dilakukan pembahasan mengenai proses pemetaan, diskusi terkait permasalahan teknis yang mungkin ditemui dilapangan untuk mewujudukan reforma agraria sehingga didapatkan solusi yang terbaik dan dapat diaplikasikan.

“Pemetaan dan pembenahan perlu dilakukan sehingga agraria di Indonesia, dan khususnya Sumsel dapat terus menjadi lebih baik,”tuturnya.

Sementara itu, Kakanwil BPN Sumsel, Drs Pelopor, M.Eng, Sc, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan langkah strategis untuk mewujudkan percepatan reforma agraria di Sumsel yang dilakukan untuk menjamin peningkatan kesejahteraan dan memperhatikan aspek-aspek lingkungan dan aspek sosial budaya, sehingga dapat diterima oleh masyarakat. (jek/rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *