oleh

Arab Saudi Konfirmasi 25 Negara Siapkan Pelaksanaan Haji Tahun Ini

///177 Ribu JCH Indonesia Lunas BPIH, Bila Haji Dilangsungkan Dilakukan Standar Covid-19

JAKARTA, Berita Rakyat Sumatera – Jemaah calon haji (JCH) tahun 2020 patut bergembira. Presiden Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Sheikh Abdul Rahman Al-‬Sudais, mengatakan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi sudah mengonfirmasi 25 negara di dunia terkait kesiapan haji tahun 1441 hijriyah ini.

Kepastian apakah akan dipastikan ada kenaikan haji tahun ini atau tidak, akan diputuskan pada pertengahan Mei mendatang. Bila pelaksanaan ibadah haji ke Baitullah dilangsungkan tahun ini, tetap akan dilakukan prosedur penanganan Coronavirus Covid-19.

Pada bulan puasa ini saja, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi segera dibuka untuk umum beraktivitas ibadah seperti biasa. Namun, sebelum dibuka untuk umum, sekarang aktivitas masih untuk petugas dan pengurus di kedua masjid tujuan haji itu.

“Saya membawa kabar baik kepada Muslim dunia bahwa aktivitas ibadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi segera bisa normal kembali,” ujar Sheikh Abdul Rahman Al-‬Sudais dilansir media online.

Menurut Shiekh Abdul Rahman, bahwa Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan dibuka untuk Tawaf dan shalat wajib, serta penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. “Memang ada rencana kedua Masjid suci itu kita buka untuk umum untuk kebaikan kita bersama, tapi tidak buru-buru karena harus dilakukan kajian secara tepat,” katanya.

Terkait persiapan haji 2020 ini, JCH Indonesia yang sudah melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 1441H/2020H untuk jemaah haji regular dan ONH Plus (haji khusus). Pada masa pelunasan BPIH Regular tahap pertama, sudah ada 177.785 JCH atau 87,44 persen yang melakukan pelunasan. Angka ini diyakini akan bertambah pada hari terakhir pelunasan, Kamis (30/4/2020).

“Sudah 87,44 persen atau sebanyak 177.789 JCH jemaah yang melunasi. Tersisa 25.353 kuota jemaah yang belum melunasi. Mungkin hari terakhir akan bertambah,” Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis, sebagaimana dilansir tim Kemenag RI.

Kuota haji Regular tahun ini sebanyak 203.320 JCH dan kuota haji khusus sebanyak 17.680. Kuota haji reguler terbagi menjadi empat, yaitu: 199.518 untuk jemaah haji reguler, 2.040 kuota prioritas lanjut usia, 1.512 Petugas Haji Daerah (PHD), dan 250 Pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah KBIHU. “Kita prioritaskan JCH Lansia, masih ada kuota 864 jemaah. Jika masih ada sisa kuota yang belum dilunasi, maka akan dibuka pelunasan tahap kedua pada tanggal 12-20 Mei 2020,” kata Muhajirin.(asm/ras/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *