oleh

Breaking News, Lubuklinggau Terbanyak Kedua Tercepat Positif Covid-19

*Sumsel Positif Covid Tembus 106 Orang
*Warga Sumsel Diminta Extra Waspadai OTG

PALEMBANG, Berita Rakyat Sumatera – Penambahan 13 orang terkonfirmasi positif Covid-19 tercatat Jumat (24/4/2020) malam. Dari jumlah itu, penambahan dari Kota Lubuklinggau sebanyak 4 orang. Jumlah itu walau terbesar kedua setelah Palembang yang berjumlah 5 orang, sama saja terbanyak bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Kota Palembang 1,5 juta jiwa, dibandingkan penduduk Kota Lubuklinggau 200-300 ribu jiwa.

Sementara, posisi berikutnya disusul Kota Prabumulih yang kembali mencatatkan 2 orang positif. Kemudian Ogan Ilir dan Lahat, masing-masing satu orang positif Covid-19.

Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel, dr. Zen Ahmad SpPD (K), merilis update Covid-19 di Provinsi Sumsel melalui video conference di Command Centre Pemprov Sumsel, Jumat (24/4) sore.

Berdasarkan hasil yang diterimanya, untuk Jumat (24/4) kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumsel bertambah 13 orang dari sebelumnya 93 orang sehingga totalnya menjadi 106 kasus terkonfirmasi positif. Penambahan tersebut berasal dari Kota Palembang 5 (kasus lokal), Kota Prabumulih 2 (lokal), Kota Lubuk Linggau 4 (lokal), Kabupaten Lahat 1 (impor) dan Kabupaten Ogan Ilir (OI) 1 orang (impor).

Menurut dokter senior tersebut, penambahan ini bisa terjadi karena dua hal. Yang pertama hasil tracking dari kasus positif sebelumnya dan cluster sebelumnya baik yang di Palembang, Prabumulih maupun Lubuk Linggau.

Yang kedua lanjut Zen, bisa saja karena sudah terjadi penularan di masyarakat oleh orang tanpa gejala (OTG).

“Mereka ini  (OTG) mungkin ada di sekitar kita tapi kita tidak tahu. Makanya selalu Saya himbau untuk lakukan physical distancing, jaga jarak satu dengan lainnya. Kemana-mana pakai masker. Karena dengan masker kita bisa cegah Covid masuk salur pernapasan,” jelasnya.

Bukan hanya itu menurutnya jika memang tidak begitu mendesak Ia meminta masyarakat untuk tidak datang dan bepergian ke tempat ramai. Termasuk kongkow di warung kopi, cafe dan sejenisnya.

“Yang tak kalah penting tetap perkuat imun. Cukup istirahat, cukup tidur dan asupan gizi serta sering-sering mencuci tangan dengan air mengalir usai menyentuh benda apapun,” anjurnya.

Dengan kesadaran bersama untuk melakukan pencegahan, serta doa Ia optimis di hari-hari ke depan tidak ada lagi penambahan kasus terkonfirmasi positif di Sumsel.

“Kabar baiknya jumlah pasien sembuh kita bertambah 1 orang jadi totalnya ada 5 orang dan kasus meninggal tetap 3 orang” kata dr Zen Ahmad.

Sementara itu secara keseluruhan jelas dr.Zen Ahmad, sampai saat ini jumlah ODP terdata sebanyak 3.283 orang,  dengan ODP selesai pemantauan 2.104 orang, dan ODP masih dalam pemantauan 1.179 orang.

Kemudian jumlah PDP keseluruhan 147 orang, PDP Selesai pengawasan 78 orang, PDP dalam proses pengawasan 69 orang, dan penambahan PDP hari ini 6 orang.

Adapun sampel yang diperiksa laboratorium sebanyak  487 orang (OTG = 292, PDP = 163, ODP = 32). Kemudian jumlah sampel positif 106 orang, jumlah sampel negatif 129 orang, dan sampel yang masih proses pemeriksaan sebanyak 252 orang. (rel/hms)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *