oleh

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Dunia Sekarang Diguncang Wabah Ebola Baru

Palembang, Berita Rakyat Sumatera – Ketika semua perhatian diberikan pada pandemi COVID-19, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan munculnya wabah baru virus Ebola.

Penyakit ini menyerang dengan cepat. Pada 1 Juni, Kementerian Kesehatan Kongo mengungkapkan bahwa enam kasus Ebola terdeteksi di Wangata, Mbandaka, Provinsi Equateur, Republik Demokratik Kongo. Empat orang dinyatakan meninggal dan dua lainnya dalam perawatan. Tiga dari enam kasus telah dikonfirmasi oleh pengujian laboratorium.

WHO memperkirakan, kemungkinan akan ada lebih banyak pasien yang diidentifikasi terinfeksi Ebola, karena peningkatan pengawasan.

“Ini adalah pengingat bahwa COVID-19 bukan satu-satunya ancaman kesehatan yang dihadapi oleh orang-orang,” Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan kepada Liputan6.com pada Selasa (2/6).

Matshidiso Moeti, Direktur Regional WHO untuk Afrika mengatakan badan kesehatan dunia akan mengirim tim untuk mendukung peningkatan respons.

“Mengingat kedekatan wabah baru ini dengan rute transportasi yang sibuk dan negara-negara tetangga yang rentan, kita harus bertindak cepat,” kata Moeti.

Dikutip dari Huffington Post, pasien Ebola terakhir yang dilaporkan di Kongo dinyatakan sembuh pada pertengahan Mei. Ini membuat negara harus menunda status wabah resmi. (jekk / bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *