oleh

Akhirnya Walikota Prabumulih Ridho Yahya Tes Covid

PRABUMULIH, BeritaRakyatSumatera – Setelah desakan anggota DPRD Kota Prabumulih dan aktivis sosial di Kota Prabumulih, akhirnya Walikota Prabumulih melakukan tes Coronavirus Covid-19 dengan alat Rapid Test. Dari video yang beredar, Walikota menyatakan dirinya negatif Covid-19.

Pelaksanaan tes Covid-19 itu setelah pesanan 2.000 Rapid Test atau tes cepat yang dipesan oleh Pemerintah Kota Prabumulih tiba, Senin malam (13/4/2020) sekitar pukul 21.00 WIB di rumah dinas Walikota Prabumulih. Wali Kota Prabumulih Ridho Yahya menawarkan kepada warga bila ingin tes apakah terpapar Virus Corona atau tidak, silakan hubungi tim 119.

“Siapa pun orangnya kalau dia warga Prabumulih yang mau mengetes Coronavirus Covid-19, silakan telepon 119. Jam berapa pun dan kapan siap, tim akan datang ke rumah untuk melakukan tes cepat tersebut,” ujar Ridho Yahya kepada pers, Selasa (14/4/2020).

Ridho mengatakan, untuk menguji rapid test tersebut, dirinya langsung melakukan tes Coronavirus Covid-19 menggunakan alat rapid test tersebut.

“Saya pertama uji coba, dan hasilnya Alhamdulillah negatif. Tapi nanti saya akan tes berulang-ulang lagi, apakah masih negatif atau tidak. Dan yakinlah kalau kita yakin maka imunitas kita akan kuat. Meski kita negatif tapi memakai masker dan jaga jarak harus kita patuhi semua,” katanya.

Sementara Asisten II M Yusuf Arni yang mengawal kedatangan 2.000 rapid test ke Kota Prabumulih mengatakan, alat rapid test akan diutamakan untuk pihak rumah sakit dan Puskesmas, kemudian baru orang yang berstatus dalam pemantauan.

“Rapid test dilakukan oleh Pemkot Prabumulih ini, dalam upaya penanganan cepat terhadap orang dalam pengawasan (ODP) maupun pasien dalam pengawasan (PDP) kasus Covid-19. Termasuk buat warga yang ingin tes juga bisa,” ungkapnya.

Yusuf mengatakan, pihaknya juga sudah membentuk tim gugus tugas tingkat kecamatan dan bekerja sama dengan berbagai sektor, seperti Kesbangpol, Koramil, Polsek, termasuk Puskesmas.

“Kita sudah melakukan pencegahan sejak awal, RT RW dan Lurah sudah kita rapatkan. Kita imbau juga apabila ada warga yang baru datang dari luar daerah bisa kita datangkan tim kesehatan langsung untuk melakukan pengecekan atau menjalani rapid test ini nanti,” pungkasnya. (novas/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *