oleh

Siti Hajar Panjat Puluhan Pinang Setiap Hari

Aceh, BeritaRakyatSumatera – Anda pernah memanjat pohon pinang? Bagi yang belum terbiasa jangan coba-coba. Batangnya  tidak terlalu besar namun sangat tinggi dan biasanya ada lumut yang membalut batang pinang tersebut,tentu ini lah salah satu penyebab tidak semua orang sangup untuk menaiki nya.

Namun tidak bagi Siti Hajar. Perempuan 35 tahun ini adalah ahlinya. Ia sudah sejak kecil terbiasa memanjat pinang.

Siti Hajar tinggal di pedalaman Desa Paroh Mampree, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng. Tepatnya sekitar 26 kilo-atau butuh perjalanan darat setidaknya satu jam dari Ibu Kota Juang, Kabupaten Bireun, Provinsi Aceh.

Ia tinggal di sebuah rumah kecil bantuan dari Dana Desa. Rumah itu belum lama ia tempati. Dulu rumahnya hanya berdinding rotan dan atap rumbia.

Di rumah itu ia tinggal bersama dua anaknya. Ada juga abang dan ibunya tinggal di rumah itu. “Kalau ada kasur dan teve saya sangat bersyukur,” harapnya seperti dikutip dari BBCIndonesia.

Dalam satu hari, Siti bisa memanjat 60 pohon pinang dengan upah Rp2 ribu perpohon. Pohon-pohon itu sangat tinggi ada yang tingginya mencapai belasan meter. Ia harus mempertaruhkan nyawa untuk memanjat pohon-pohon itu. Siti memanjatnya hanya dengan bantuan kain untuk pengikat kaki dan sebuah parang.

Siti sebetulnya sempat berhenti menjadi pemanjat pinang. Namun sejak kepergian suami sekitar delapan tahun lalu, Siti harus kembali banting tulang.

Sayangnya memanjat pinang hanya bisa dilakukan saat musim pinang. Selebihnya, Siti harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Selebihnya ia bekerka memetik kacang di kebuh orang.

Upah yang didapat dari memanjat pinang biasanya digunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti beras, gula, kopi termasuk untuk biaya sekolah dan jajan anaknya.

“Anak pertama baru-baru ini ada yang membantu masuk pesantren. Kalau anak kedua dia mau sekolah dan mengaji di kampung saja,” tandasnya. (mhn/bbs)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *